|
|
Teknologi VTEC nya Honda
VTEC ( baca Vi Tec ) . .. kepanjangan dari Variable Valve Timing & Lift Electronic Control, kebetulan teknologi ini banyak ditemukan di Roda 4 Merk Honda, akan tetapi di sepeda motorpun tetap ada salah satu contohnya adalah CB400 SuperFour VTEC. Nah, apa istimewanya sistem ini Oke mari kita Mulai
Jadi Gini . . . Sejak jaman dulu semenjak ditemukannya mesin penggerak kendaraan, manusia selalu dihadapkan dalam dua dilema yakni bagaimana bisa irit tapi kenceng . . . dua variabel yang hampir mustahil untuk disatukan. Salah satu yang bisa di utak atik untuk memperoleh setingan irit dan kenceng adalah bukaan klep (valve) pada intake. Jaman dahulu sebelum VTEC dan sistem pengatur timing klep ditemukan besarnya Bukaan Klep selalu tetap sesuai setingan
Artinya gini, kalau klep intake di buat kecil, maka campuran udara-bbm yang masuk ruang bakar akan lebih sedikit . . . setingan ini tentu akan efektif dan efesien pada saat mesin digunakan pada rpm rendah . . . akan tetapi konsekuensinya adalah pada rpm tinggi ngak akan dapet top speed maksimum
Sebaliknya jika Bukaan klep dibuat guedeee, maka saat kendaraan digeber kenceng pada rpm tinggi, kendaraan akan menemukan performa maksimalnya . . . akan tetapi saat di bawa slow sambil jalan jalan sore menikmati angin sepoy sepoy . .. itu klep tetep kebuka lebar . . . tentunya hal ini akan membuat boros pemakaian bahan bakar . . . naaah
Teknologi VTEC nya Honda
100 tahun setelah ditemukannya mesin kendaraan, VTEC membuat mekanisme dimana mesin bisa memiliki paling tidak dua variabel ungkitan klep yang fungsinya adalah agar kendaraan bisa irit di rpm rendah, namun tetap bisa kenceng saat di geber di rpm tinggi . . . Secara simple bro bisa lihat di video dan gambar di atas/dibawah . Gambar tersebut mengilustrasikan sebuah mesin dimana setiap silinder memiliki 2 klep intake
Untuk Mesin Non VTEC masing klep hanya di gerakkan oleh satu macam Kem dan satu jenis rocker arm . .. namun pada sistem VTEC terdapat dua tipe kem dan dua tipe Rocker arm. Dua Kem yang berbeda ini lah yang akan membuat jangkauan ungkitan klep jadi memiliki dua variasi, yang artinya bukaan klep di intake juga memiliki dua variasi . . . nah bagaimana bisa? . .. ternyata ada semacam pin yang penggunaannya bisa diatur
\
Teknologi VTEC nya Honda
Bila butuh bukaan klep yang kecil karena berjalan pada rpm rendah, maka pin di lepas sehingga bro bisa lihat pada video di atas . . . bukaan klep di intake menjadi kecil . . . dan bila butuh power pada rpm tinggi . . . tinggal di kancing aja pin sehingga Rocker arm tengah seperti menyatu dengan rocker arm standar di kiri dan kanannya . . . Karena kem nya besar maka tonjokan rocker arm pun besar . . . alhasil bukaan klep pun besar . . . bisa memuaskan dahaga mesin yang lagi pengen diumbar campuran udara dan bbm banyak untuk mengasilkan performa maksimum . . .
So Dengan VTEC . .. pelan bisa, kenceng pun bisa . . . kapan kapan kita bahas sistem lain seperti VVTI . . . semoga berguna dan . . . bersambung . .
sumber : http://tmcblog.com
Teknologi VTEC nya Honda
VTEC ( baca Vi Tec ) . .. kepanjangan dari Variable Valve Timing & Lift Electronic Control, kebetulan teknologi ini banyak ditemukan di Roda 4 Merk Honda, akan tetapi di sepeda motorpun tetap ada salah satu contohnya adalah CB400 SuperFour VTEC. Nah, apa istimewanya sistem ini Oke mari kita Mulai
Jadi Gini . . . Sejak jaman dulu semenjak ditemukannya mesin penggerak kendaraan, manusia selalu dihadapkan dalam dua dilema yakni bagaimana bisa irit tapi kenceng . . . dua variabel yang hampir mustahil untuk disatukan. Salah satu yang bisa di utak atik untuk memperoleh setingan irit dan kenceng adalah bukaan klep (valve) pada intake. Jaman dahulu sebelum VTEC dan sistem pengatur timing klep ditemukan besarnya Bukaan Klep selalu tetap sesuai setingan
Artinya gini, kalau klep intake di buat kecil, maka campuran udara-bbm yang masuk ruang bakar akan lebih sedikit . . . setingan ini tentu akan efektif dan efesien pada saat mesin digunakan pada rpm rendah . . . akan tetapi konsekuensinya adalah pada rpm tinggi ngak akan dapet top speed maksimum
Sebaliknya jika Bukaan klep dibuat guedeee, maka saat kendaraan digeber kenceng pada rpm tinggi, kendaraan akan menemukan performa maksimalnya . . . akan tetapi saat di bawa slow sambil jalan jalan sore menikmati angin sepoy sepoy . .. itu klep tetep kebuka lebar . . . tentunya hal ini akan membuat boros pemakaian bahan bakar . . . naaah
Teknologi VTEC nya Honda
100 tahun setelah ditemukannya mesin kendaraan, VTEC membuat mekanisme dimana mesin bisa memiliki paling tidak dua variabel ungkitan klep yang fungsinya adalah agar kendaraan bisa irit di rpm rendah, namun tetap bisa kenceng saat di geber di rpm tinggi . . . Secara simple bro bisa lihat di video dan gambar di atas/dibawah . Gambar tersebut mengilustrasikan sebuah mesin dimana setiap silinder memiliki 2 klep intake
Untuk Mesin Non VTEC masing klep hanya di gerakkan oleh satu macam Kem dan satu jenis rocker arm . .. namun pada sistem VTEC terdapat dua tipe kem dan dua tipe Rocker arm. Dua Kem yang berbeda ini lah yang akan membuat jangkauan ungkitan klep jadi memiliki dua variasi, yang artinya bukaan klep di intake juga memiliki dua variasi . . . nah bagaimana bisa? . .. ternyata ada semacam pin yang penggunaannya bisa diatur
\
Teknologi VTEC nya Honda
Bila butuh bukaan klep yang kecil karena berjalan pada rpm rendah, maka pin di lepas sehingga bro bisa lihat pada video di atas . . . bukaan klep di intake menjadi kecil . . . dan bila butuh power pada rpm tinggi . . . tinggal di kancing aja pin sehingga Rocker arm tengah seperti menyatu dengan rocker arm standar di kiri dan kanannya . . . Karena kem nya besar maka tonjokan rocker arm pun besar . . . alhasil bukaan klep pun besar . . . bisa memuaskan dahaga mesin yang lagi pengen diumbar campuran udara dan bbm banyak untuk mengasilkan performa maksimum . . .
So Dengan VTEC . .. pelan bisa, kenceng pun bisa . . . kapan kapan kita bahas sistem lain seperti VVTI . . . semoga berguna dan . . . bersambung . .
sumber : http://tmcblog.com
Tips and reviews of
Photos of Teknologi VTEC nya Honda
How to do in Teknologi VTEC nya Honda
The best place to Teknologi VTEC nya Honda
Posted by: Roxuai
roxuai
Updated at :
07.14.00
Semoga tulisan ringan ini bermanfaat ya, mohon maaf jika ada kekurangan. Maklum masih belajar menulis hehehe. Kalau ada yang perlu ditambahin bisa kamu informasikan melalui komentar dibawah yaa... Oh ya kamu bisa membagikan artikel ini melalui tombol share dibawah juga ok, dan sekali jangan lupa untuk berkomentar yaaa :) Terima kasih sudah mengunjungi blog aku ^^ ~ Kiku
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan , komentar dengan Link Aktif, SARA, Promosi akan masukan ke SPAM , Yang ingin berbagi informasi seputar KPOP boleh banget. Yuk saling berbagi informasi.