-

Tulisan ringan tentang   :

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

Posted on 23.57.00
Translate : x

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L (RE3)


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L (RE3)

Model : Honda CR-V 2.4L Auto (RE3)

Production Year : 2010-2012
Price : IDR 391millions (2011 price,new) ; 270-330millions (2012, 2nd hand)
Engine : K24Z1 2354cc Inline-4 DOHC i-VTEC, 170PS (166hp), 22,2kgm (218Nm)
Dimension : 4566x1820x1680
Curb Weight : 1606kg
Transmission : 5-speed A/T with Grade Logic Control
Drivetrain : Front engine- Front wheel drive (FF)
Wheel : 17x6.5 inch, 225/65/17 Bridgestone Dueler H/T
Suspension :  McPherson Strut (Front) , Re-Active Link Double Wishbone (Rear)
Safety : G-CON+ACE body, driver & front passenger airbags, VSA, ABS+EBD+BA,Pretensioner Seat Belt, Neck Shock Mitigation seat
Special Features : 2DIN Head Unit Touch Screen, USB ready, Ipod ready, Navigation ready ; Electric 8-way adjuster seat (driver only), Leather Seats, DBW, Dual Zone Climate Control A/C

Review Honda CR-V

CR-V generasi ketiga pertama diluncurkan tahun 2007, dengan dua pilihan mesin 2000cc (R20A) dan 2400cc (K24Z). Pada tahun 2010, PT Honda Prospect Motor sebagai APM Resmi Honda meluncurkan versi minor change dari CR-V. Tetap dengan pilihan mesin yang sama, namun dengan tambahan fitur-fitur dan ubahan yang lebih dinamis.

Exterior Honda CR-V

CR-V facelift mengalami perubahan pada bagian bumper depan, didesain lebih elegan dan mengurangi dominasi mudguard pada model pre-facelift. Ubahan yang sama terjadi pada bumper belakang yang kini terlihat lebih ramping.

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2007 - 2009 (motortrend.com)

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L


2007 - 2009 (motortrend.com)

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L


2010-2012(productreview.com.au)


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2010-2012 (automotorblog.com)


Grill juga direvisi, jika dulu didominasi oleh bilah krom tebal, kini berbentuk segaris tipis yang lebih elegan, dan list krom di bawah grill diganti motif honeycomb.

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

kiri : 2010-2012, kanan : 2007-2009. (autoblog.com)

Bentuk velg juga mengalami ubahan, jika model lawas menggunakan palang banyak kini diganti palang 5 double-spoke, meski banyak yang lebih menyukai desain lama.


2007-2009
2010-2012(originalwheels.com)


Interior  Honda CR-V

Pada interior tidak ada ubahan berarti, hanya MID yang berwarna hitam (2007-2009) diganti berwarna biru (2010-2012), Head unit Kenwood 2DIN dengan layar LCD. Selebihnya sama saja. Dasbor masih didominasi warna two-tone hitam dan beige, setir berwarna hitam dengan palang warna silver menambah kesan elegan. Hanya saja, dasbor berdesain bagus tersebut tidak didukung dengan penggunaan material yang baik.


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2007-2009 (modifikasi.com)
Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L
2010-2012 (tokobagus.com)


Behind the Wheel Honda CR-V

Selepas membahas segala sesuatu dari luar dan dalam, waktunya pengetesan. CR-V ini dilengkapi dengan mesin seri K24 bertenaga 170PS, sama seperti versi sebelum facelift. Padahal versi negara lain bertenaga 180PS, atau naik 10PS dari model sebelum facelift, mungkin penyesuaian dengan kualitas bahan bakar lokal yang kurang bersahabat dengan mesin. Penyaluran tenaga dilakukan melalui transmisi 5-speed Automatic. Respon transmisinya cukup sigap, tenaga tersalur dengan baik dan cukup merata di setiap putaran mesin. Ada sedikit gejala spin saat kickdown dari posisi berhenti, padahal kondisi VSA menyala. Oh iya, sebagai catatan versi facelift 2010-2012 dilengkapi Vehicle Stability Assist (VSA), peranti semacam kontrol traksi untuk mencegah selip, terutama di jalan licin. Untuk meraih kecepatan 140 kpj pun bukan perkara sulit, bahkan beberapa teman penulis banyak yang menorehkan top speed lebih dari 200 kpj. Top speed yang cukup tinggi, apalagi mengingat mobil ini bergenre SUV Crossover.

Namun satu hal yang cukup extraordinary dari mobil ini adalah handlingnya! SUV Crossover lazimnya memiliki handling yang buruk dan bodyroll yang cukup banyak. Hal ini tidak ditemukan pada CR-V. CR-V dapat menikung pada kecepatan tinggi layaknya sebuah sedan, minim bodyroll, traksi terjaga walaupun dalam kondisi mematikan VSA.

Konsekuensi dari handling mantap tersebut, harus sedikit mengorbankan kenyamanan. Honda CR-V memiliki karakter bantingan yang agak keras, meski pada versi facelift ini dilakukan retuning suspensi untuk memperbaiki kenyamanannya, dan penggantian ban dari Dunlop Grandtrek menjadi Bridgestone Dueler H/T cukup berpengaruh pada kenyamanannya, namun tetap saja, keras. Honda tetap bersikeras mempertahankan handlingnya.

Ergonomika Honda CR-V

Urusan space dan tempat penyimpanan, CR-V rajanya. Mobil ini menyajikan ruang kepala dan ruang kaki yang luas, terutama pada baris kedua. Ditambah cup holder dan laci dimana-mana, lalu bagasi dengan double deck sehingga menambah kepraktisannya.

Pros :

- Tenaga mesin
- Handling setara sedan
- Model sedap dipandang
- Kontrol traksi
- Ergonomika kabin dan bagasi

Cons :

- Kenyamanan
- Harga cukup tinggi pada saat baru
- Kualitas audio standar buruk
- Road noise
- Lampu belum HID
- Kualitas bahan interior

Pendapat Pribadi Tentnang Honda CR-V

Saya menggunakan CR-V ini sebagai mobil harian, bagi saya mobil ini cukup mengakomodir segala kebutuhan saya, cukup tahan banting, dan perawatan mudah. Tidak salah saya memilih CR-V sebagai pengganti Honda Civic FD1 saya dulu, karena feelnya tidak jauh berbeda, seperti mengemudikan Civic dengan kolong yang tinggi.

Trivia :

- Selain tipe yang dijual oleh Honda Prospect Motor, pada tahun 2007 juga sempat meluncur tipe CBU (Completely Built Up) yang memiliki kelengkapan hampir sama dengan versi facelift, hanya saja pada CBU dilengkapi sunroof, heater jok, spion pendeteksi blind spot. Dari luar ciri-ciri tipe CBU adalah list panel bodi bagian bawah warna abu-abu dan velg yang lebih sporty. Model CBU ini hadir melalui jalur importir umum tepat beberapa bulan sebelum CR-V generasi ketiga diperkenalkan oleh HPM. Hanya saja karena faktor harga maka versi facelift CBU tidak dijual lagi. Bisa jadi Importir Umum hanya menyediakan kalau saja ada pesanan. FYI, mesin CR-V CBU berkode K24A7, berbeda dengan CKD yang berkode K24Z1, keduanya dengan output sama, 170PS. CR-V generasi ketiga sudah berstatus CKD dirakit di pabrik HPM di Karawang.




Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L (RE3)


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L (RE3)

Model : Honda CR-V 2.4L Auto (RE3)

Production Year : 2010-2012
Price : IDR 391millions (2011 price,new) ; 270-330millions (2012, 2nd hand)
Engine : K24Z1 2354cc Inline-4 DOHC i-VTEC, 170PS (166hp), 22,2kgm (218Nm)
Dimension : 4566x1820x1680
Curb Weight : 1606kg
Transmission : 5-speed A/T with Grade Logic Control
Drivetrain : Front engine- Front wheel drive (FF)
Wheel : 17x6.5 inch, 225/65/17 Bridgestone Dueler H/T
Suspension :  McPherson Strut (Front) , Re-Active Link Double Wishbone (Rear)
Safety : G-CON+ACE body, driver & front passenger airbags, VSA, ABS+EBD+BA,Pretensioner Seat Belt, Neck Shock Mitigation seat
Special Features : 2DIN Head Unit Touch Screen, USB ready, Ipod ready, Navigation ready ; Electric 8-way adjuster seat (driver only), Leather Seats, DBW, Dual Zone Climate Control A/C

Review Honda CR-V

CR-V generasi ketiga pertama diluncurkan tahun 2007, dengan dua pilihan mesin 2000cc (R20A) dan 2400cc (K24Z). Pada tahun 2010, PT Honda Prospect Motor sebagai APM Resmi Honda meluncurkan versi minor change dari CR-V. Tetap dengan pilihan mesin yang sama, namun dengan tambahan fitur-fitur dan ubahan yang lebih dinamis.

Exterior Honda CR-V

CR-V facelift mengalami perubahan pada bagian bumper depan, didesain lebih elegan dan mengurangi dominasi mudguard pada model pre-facelift. Ubahan yang sama terjadi pada bumper belakang yang kini terlihat lebih ramping.

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2007 - 2009 (motortrend.com)

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L


2007 - 2009 (motortrend.com)

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L


2010-2012(productreview.com.au)


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2010-2012 (automotorblog.com)


Grill juga direvisi, jika dulu didominasi oleh bilah krom tebal, kini berbentuk segaris tipis yang lebih elegan, dan list krom di bawah grill diganti motif honeycomb.

Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

kiri : 2010-2012, kanan : 2007-2009. (autoblog.com)

Bentuk velg juga mengalami ubahan, jika model lawas menggunakan palang banyak kini diganti palang 5 double-spoke, meski banyak yang lebih menyukai desain lama.


2007-2009
2010-2012(originalwheels.com)


Interior  Honda CR-V

Pada interior tidak ada ubahan berarti, hanya MID yang berwarna hitam (2007-2009) diganti berwarna biru (2010-2012), Head unit Kenwood 2DIN dengan layar LCD. Selebihnya sama saja. Dasbor masih didominasi warna two-tone hitam dan beige, setir berwarna hitam dengan palang warna silver menambah kesan elegan. Hanya saja, dasbor berdesain bagus tersebut tidak didukung dengan penggunaan material yang baik.


Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

2007-2009 (modifikasi.com)
Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L
2010-2012 (tokobagus.com)


Behind the Wheel Honda CR-V

Selepas membahas segala sesuatu dari luar dan dalam, waktunya pengetesan. CR-V ini dilengkapi dengan mesin seri K24 bertenaga 170PS, sama seperti versi sebelum facelift. Padahal versi negara lain bertenaga 180PS, atau naik 10PS dari model sebelum facelift, mungkin penyesuaian dengan kualitas bahan bakar lokal yang kurang bersahabat dengan mesin. Penyaluran tenaga dilakukan melalui transmisi 5-speed Automatic. Respon transmisinya cukup sigap, tenaga tersalur dengan baik dan cukup merata di setiap putaran mesin. Ada sedikit gejala spin saat kickdown dari posisi berhenti, padahal kondisi VSA menyala. Oh iya, sebagai catatan versi facelift 2010-2012 dilengkapi Vehicle Stability Assist (VSA), peranti semacam kontrol traksi untuk mencegah selip, terutama di jalan licin. Untuk meraih kecepatan 140 kpj pun bukan perkara sulit, bahkan beberapa teman penulis banyak yang menorehkan top speed lebih dari 200 kpj. Top speed yang cukup tinggi, apalagi mengingat mobil ini bergenre SUV Crossover.

Namun satu hal yang cukup extraordinary dari mobil ini adalah handlingnya! SUV Crossover lazimnya memiliki handling yang buruk dan bodyroll yang cukup banyak. Hal ini tidak ditemukan pada CR-V. CR-V dapat menikung pada kecepatan tinggi layaknya sebuah sedan, minim bodyroll, traksi terjaga walaupun dalam kondisi mematikan VSA.

Konsekuensi dari handling mantap tersebut, harus sedikit mengorbankan kenyamanan. Honda CR-V memiliki karakter bantingan yang agak keras, meski pada versi facelift ini dilakukan retuning suspensi untuk memperbaiki kenyamanannya, dan penggantian ban dari Dunlop Grandtrek menjadi Bridgestone Dueler H/T cukup berpengaruh pada kenyamanannya, namun tetap saja, keras. Honda tetap bersikeras mempertahankan handlingnya.

Ergonomika Honda CR-V

Urusan space dan tempat penyimpanan, CR-V rajanya. Mobil ini menyajikan ruang kepala dan ruang kaki yang luas, terutama pada baris kedua. Ditambah cup holder dan laci dimana-mana, lalu bagasi dengan double deck sehingga menambah kepraktisannya.

Pros :

- Tenaga mesin
- Handling setara sedan
- Model sedap dipandang
- Kontrol traksi
- Ergonomika kabin dan bagasi

Cons :

- Kenyamanan
- Harga cukup tinggi pada saat baru
- Kualitas audio standar buruk
- Road noise
- Lampu belum HID
- Kualitas bahan interior

Pendapat Pribadi Tentnang Honda CR-V

Saya menggunakan CR-V ini sebagai mobil harian, bagi saya mobil ini cukup mengakomodir segala kebutuhan saya, cukup tahan banting, dan perawatan mudah. Tidak salah saya memilih CR-V sebagai pengganti Honda Civic FD1 saya dulu, karena feelnya tidak jauh berbeda, seperti mengemudikan Civic dengan kolong yang tinggi.

Trivia :

- Selain tipe yang dijual oleh Honda Prospect Motor, pada tahun 2007 juga sempat meluncur tipe CBU (Completely Built Up) yang memiliki kelengkapan hampir sama dengan versi facelift, hanya saja pada CBU dilengkapi sunroof, heater jok, spion pendeteksi blind spot. Dari luar ciri-ciri tipe CBU adalah list panel bodi bagian bawah warna abu-abu dan velg yang lebih sporty. Model CBU ini hadir melalui jalur importir umum tepat beberapa bulan sebelum CR-V generasi ketiga diperkenalkan oleh HPM. Hanya saja karena faktor harga maka versi facelift CBU tidak dijual lagi. Bisa jadi Importir Umum hanya menyediakan kalau saja ada pesanan. FYI, mesin CR-V CBU berkode K24A7, berbeda dengan CKD yang berkode K24Z1, keduanya dengan output sama, 170PS. CR-V generasi ketiga sudah berstatus CKD dirakit di pabrik HPM di Karawang.



Tips and reviews of

Photos of Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

How to do in Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

The best place to Mengenal dan Test Drive Honda CR-V 2.4L

Posted by: Roxuai roxuai Updated at : 23.57.00
Semoga tulisan ringan ini bermanfaat ya, mohon maaf jika ada kekurangan. Maklum masih belajar menulis hehehe. Kalau ada yang perlu ditambahin bisa kamu informasikan melalui komentar dibawah yaa... Oh ya kamu bisa membagikan artikel ini melalui tombol share dibawah juga ok, dan sekali jangan lupa untuk berkomentar yaaa :) Terima kasih sudah mengunjungi blog aku ^^ ~ Kiku
You may like :

Tidak ada komentar :
Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan , komentar dengan Link Aktif, SARA, Promosi akan masukan ke SPAM , Yang ingin berbagi informasi seputar KPOP boleh banget. Yuk saling berbagi informasi.