|
|
Assalamualaikum wr. . .wb
Mari kita mempelajari Cara yang benar menggunakan motor kopling, motor kopling manual menggunakan pengoprasian gigi rotari 1-N-2-3-4-5-6 yg mana kalau kita mau menaikan gigi dari N ke 1 injak ke depan kalau mau pindah ke gigi 2 injak ke belakang dan dari 2 ke 3 dan seterus nya juga injak belakang. Kalau mau membalikan ke N (netral) injak kedepan sampai mentok, setelah itu injak ke belakang setengah sampai indikator N di speedo meter menyala. kalau anda menginjak giginya lewat dari setengah berarti masuk ke gigi 2.kalau dari N ke 2 juga bisa langsung diinjak kebelakang saja. terus dari 2 ke N juga bisa yaitu tinggal injak kedepan setengah.
biasanya motor dengan sistem pemindahan gigi seperti begitu ada di motor sport kaya satria f,cs1, thunder, ninja, Vixion, mega pro dsb
Pakailah gigi 1 hanya untuk jalan dari posisi berhenti misalkan sewaktu di lampu merah. Dan ketika jalan di kemacetan jalankan dengan gigi 2 dst.
biasanya gigi 1 sangat pendek sehingga tidak nyaman untuk jalan di kemacetan. Gigi yang paling sering gunakan yaitu gigi 3, dan masuk ke 4 apabila mau ngerem supaya RPM turun jadi getaran mesin tidak terlalu tinggi. Dan ketika berhenti langsung menekan tuas gigi ke depan 3 kali sampai normal.
Untuk memperjelas cara mengunakan motor kopling.
1. cara pertama kali mau jalan tarik tuas kopling, injak perseneling (gigi) yg depan, lepaskan kopling perlahan sambil tarik gas sedikit.
2. pada saat pindah gigi (naik dan turun gigi) kalau mau naik, tarik tuas kopling sambil mengurangi gas sedikit dan injak persneling yg belakang, lepaskan tuas kopling sambil digas. kalau mau turun gigi , tarik tuas kopling, injak perseneling yg depan, lepaskan tuas kopling dan gas perlahan.
3. saat mau ngerem tekan saja rem belakang , sesuaikan tekanannya.
4.saat berada dilampu merah, saat motor dalam kecepatan rendah (mau berhenti) tekan tuas kopling dan turunkan gigi ke gigi 1 tetapi kopling jangan dilepas. kalau lampu merahnya lama dinetralkan dengan cara tekan tuas kopling lalu injak persneling yg belakang setengah. jangan diinjak penuh, nanti malah masuk ke gigi 2.
5. cara membawa motor kopling jika ada tanjakan terjal, kopling nya lepas aja pake gigi rendah gigi 1 atau 2.
6.cara supaya motor tidak mati disaat macet atau berhenti lampu merah, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
7. cara memainkan gas dan kopling yg benar dan aman tanpa motor mati, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
8. Cara cepat me netral kan gigi waktu di lampu lalu lintas, berhenti sambil menekan kopling terus injak gigi sampai mentok kalau sudah mentok congkel dikit (1/2) saja entar langsung netral.
9. Waktu belok dijalan koplingnya dikala motor sudah endut endutan nah kopling mesti di tekan sedikit.
10. Waktu tanjakan di perempatan jalan, kalau nanjak pakai gigi 1 dan 2 saja.
Fungsi kopling
Antara mesin sama roda itu dihubungkan oleh berbagai gear, nah fungsi kopling adalah memisahkan antara gear penghubung itu, tujuannya agar putaran gear dari mesin tidak diteruskan ke roda karena jika mesin berputar sedangkan roda tidak berputar maka mesin akan mati. juga untuk mengganti gigi karena ketika mengover gigi artinya mengganti gear penghubung antara mesin dan roda dengan gear lain yang beda ukuran. ketika mengover tanpa koopling maka mesin akan tersenta (motor loncat) dan kelebihan beban dan menyebabkan mesin mati.
masalah tersulit adalah ketika berhenti ditanjakan, karena laju motor yang melawan gravitasi bumi, maka beban akan meningkat jadi, perpaduan kopling sama gas harus seimbang.
sedikit tambahan mengenai transmisi, transmisi terbagi 4 yaitu :
a. transmisi Kopling manual
b. transmisi kopling otomatis
c. transmisi matic
d. transmisi semi-otomatis sedikit penjelasan transmisi
semi-otomatis = konsep transmisi ini contohnya seperti di motor 2 (tak) dulu ada varian Yamaha F1Z-R yang memakai sistem kopling manual dan semi-otomatis konsep persenelingnya itu seperti dimana selain bisa seperti bebek umumnya bisa juga pakai kopling manualnya.
biasanya motor dengan sistem pemindahan gigi seperti begitu ada di motor sport kaya satria f,cs1, thunder, ninja, Vixion, mega pro dsb
Pakailah gigi 1 hanya untuk jalan dari posisi berhenti misalkan sewaktu di lampu merah. Dan ketika jalan di kemacetan jalankan dengan gigi 2 dst.
biasanya gigi 1 sangat pendek sehingga tidak nyaman untuk jalan di kemacetan. Gigi yang paling sering gunakan yaitu gigi 3, dan masuk ke 4 apabila mau ngerem supaya RPM turun jadi getaran mesin tidak terlalu tinggi. Dan ketika berhenti langsung menekan tuas gigi ke depan 3 kali sampai normal.
Untuk memperjelas cara mengunakan motor kopling.
1. cara pertama kali mau jalan tarik tuas kopling, injak perseneling (gigi) yg depan, lepaskan kopling perlahan sambil tarik gas sedikit.
2. pada saat pindah gigi (naik dan turun gigi) kalau mau naik, tarik tuas kopling sambil mengurangi gas sedikit dan injak persneling yg belakang, lepaskan tuas kopling sambil digas. kalau mau turun gigi , tarik tuas kopling, injak perseneling yg depan, lepaskan tuas kopling dan gas perlahan.
3. saat mau ngerem tekan saja rem belakang , sesuaikan tekanannya.
4.saat berada dilampu merah, saat motor dalam kecepatan rendah (mau berhenti) tekan tuas kopling dan turunkan gigi ke gigi 1 tetapi kopling jangan dilepas. kalau lampu merahnya lama dinetralkan dengan cara tekan tuas kopling lalu injak persneling yg belakang setengah. jangan diinjak penuh, nanti malah masuk ke gigi 2.
5. cara membawa motor kopling jika ada tanjakan terjal, kopling nya lepas aja pake gigi rendah gigi 1 atau 2.
6.cara supaya motor tidak mati disaat macet atau berhenti lampu merah, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
7. cara memainkan gas dan kopling yg benar dan aman tanpa motor mati, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
8. Cara cepat me netral kan gigi waktu di lampu lalu lintas, berhenti sambil menekan kopling terus injak gigi sampai mentok kalau sudah mentok congkel dikit (1/2) saja entar langsung netral.
9. Waktu belok dijalan koplingnya dikala motor sudah endut endutan nah kopling mesti di tekan sedikit.
10. Waktu tanjakan di perempatan jalan, kalau nanjak pakai gigi 1 dan 2 saja.
Fungsi kopling
Antara mesin sama roda itu dihubungkan oleh berbagai gear, nah fungsi kopling adalah memisahkan antara gear penghubung itu, tujuannya agar putaran gear dari mesin tidak diteruskan ke roda karena jika mesin berputar sedangkan roda tidak berputar maka mesin akan mati. juga untuk mengganti gigi karena ketika mengover gigi artinya mengganti gear penghubung antara mesin dan roda dengan gear lain yang beda ukuran. ketika mengover tanpa koopling maka mesin akan tersenta (motor loncat) dan kelebihan beban dan menyebabkan mesin mati.
masalah tersulit adalah ketika berhenti ditanjakan, karena laju motor yang melawan gravitasi bumi, maka beban akan meningkat jadi, perpaduan kopling sama gas harus seimbang.
sedikit tambahan mengenai transmisi, transmisi terbagi 4 yaitu :
a. transmisi Kopling manual
b. transmisi kopling otomatis
c. transmisi matic
d. transmisi semi-otomatis sedikit penjelasan transmisi
semi-otomatis = konsep transmisi ini contohnya seperti di motor 2 (tak) dulu ada varian Yamaha F1Z-R yang memakai sistem kopling manual dan semi-otomatis konsep persenelingnya itu seperti dimana selain bisa seperti bebek umumnya bisa juga pakai kopling manualnya.
<<<= Download File Format Docx =>>>
Assalamualaikum wr. . .wb
Mari kita mempelajari Cara yang benar menggunakan motor kopling, motor kopling manual menggunakan pengoprasian gigi rotari 1-N-2-3-4-5-6 yg mana kalau kita mau menaikan gigi dari N ke 1 injak ke depan kalau mau pindah ke gigi 2 injak ke belakang dan dari 2 ke 3 dan seterus nya juga injak belakang. Kalau mau membalikan ke N (netral) injak kedepan sampai mentok, setelah itu injak ke belakang setengah sampai indikator N di speedo meter menyala. kalau anda menginjak giginya lewat dari setengah berarti masuk ke gigi 2.kalau dari N ke 2 juga bisa langsung diinjak kebelakang saja. terus dari 2 ke N juga bisa yaitu tinggal injak kedepan setengah.
biasanya motor dengan sistem pemindahan gigi seperti begitu ada di motor sport kaya satria f,cs1, thunder, ninja, Vixion, mega pro dsb
Pakailah gigi 1 hanya untuk jalan dari posisi berhenti misalkan sewaktu di lampu merah. Dan ketika jalan di kemacetan jalankan dengan gigi 2 dst.
biasanya gigi 1 sangat pendek sehingga tidak nyaman untuk jalan di kemacetan. Gigi yang paling sering gunakan yaitu gigi 3, dan masuk ke 4 apabila mau ngerem supaya RPM turun jadi getaran mesin tidak terlalu tinggi. Dan ketika berhenti langsung menekan tuas gigi ke depan 3 kali sampai normal.
Untuk memperjelas cara mengunakan motor kopling.
1. cara pertama kali mau jalan tarik tuas kopling, injak perseneling (gigi) yg depan, lepaskan kopling perlahan sambil tarik gas sedikit.
2. pada saat pindah gigi (naik dan turun gigi) kalau mau naik, tarik tuas kopling sambil mengurangi gas sedikit dan injak persneling yg belakang, lepaskan tuas kopling sambil digas. kalau mau turun gigi , tarik tuas kopling, injak perseneling yg depan, lepaskan tuas kopling dan gas perlahan.
3. saat mau ngerem tekan saja rem belakang , sesuaikan tekanannya.
4.saat berada dilampu merah, saat motor dalam kecepatan rendah (mau berhenti) tekan tuas kopling dan turunkan gigi ke gigi 1 tetapi kopling jangan dilepas. kalau lampu merahnya lama dinetralkan dengan cara tekan tuas kopling lalu injak persneling yg belakang setengah. jangan diinjak penuh, nanti malah masuk ke gigi 2.
5. cara membawa motor kopling jika ada tanjakan terjal, kopling nya lepas aja pake gigi rendah gigi 1 atau 2.
6.cara supaya motor tidak mati disaat macet atau berhenti lampu merah, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
7. cara memainkan gas dan kopling yg benar dan aman tanpa motor mati, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
8. Cara cepat me netral kan gigi waktu di lampu lalu lintas, berhenti sambil menekan kopling terus injak gigi sampai mentok kalau sudah mentok congkel dikit (1/2) saja entar langsung netral.
9. Waktu belok dijalan koplingnya dikala motor sudah endut endutan nah kopling mesti di tekan sedikit.
10. Waktu tanjakan di perempatan jalan, kalau nanjak pakai gigi 1 dan 2 saja.
Fungsi kopling
Antara mesin sama roda itu dihubungkan oleh berbagai gear, nah fungsi kopling adalah memisahkan antara gear penghubung itu, tujuannya agar putaran gear dari mesin tidak diteruskan ke roda karena jika mesin berputar sedangkan roda tidak berputar maka mesin akan mati. juga untuk mengganti gigi karena ketika mengover gigi artinya mengganti gear penghubung antara mesin dan roda dengan gear lain yang beda ukuran. ketika mengover tanpa koopling maka mesin akan tersenta (motor loncat) dan kelebihan beban dan menyebabkan mesin mati.
masalah tersulit adalah ketika berhenti ditanjakan, karena laju motor yang melawan gravitasi bumi, maka beban akan meningkat jadi, perpaduan kopling sama gas harus seimbang.
sedikit tambahan mengenai transmisi, transmisi terbagi 4 yaitu :
a. transmisi Kopling manual
b. transmisi kopling otomatis
c. transmisi matic
d. transmisi semi-otomatis sedikit penjelasan transmisi
semi-otomatis = konsep transmisi ini contohnya seperti di motor 2 (tak) dulu ada varian Yamaha F1Z-R yang memakai sistem kopling manual dan semi-otomatis konsep persenelingnya itu seperti dimana selain bisa seperti bebek umumnya bisa juga pakai kopling manualnya.
biasanya motor dengan sistem pemindahan gigi seperti begitu ada di motor sport kaya satria f,cs1, thunder, ninja, Vixion, mega pro dsb
Pakailah gigi 1 hanya untuk jalan dari posisi berhenti misalkan sewaktu di lampu merah. Dan ketika jalan di kemacetan jalankan dengan gigi 2 dst.
biasanya gigi 1 sangat pendek sehingga tidak nyaman untuk jalan di kemacetan. Gigi yang paling sering gunakan yaitu gigi 3, dan masuk ke 4 apabila mau ngerem supaya RPM turun jadi getaran mesin tidak terlalu tinggi. Dan ketika berhenti langsung menekan tuas gigi ke depan 3 kali sampai normal.
Untuk memperjelas cara mengunakan motor kopling.
1. cara pertama kali mau jalan tarik tuas kopling, injak perseneling (gigi) yg depan, lepaskan kopling perlahan sambil tarik gas sedikit.
2. pada saat pindah gigi (naik dan turun gigi) kalau mau naik, tarik tuas kopling sambil mengurangi gas sedikit dan injak persneling yg belakang, lepaskan tuas kopling sambil digas. kalau mau turun gigi , tarik tuas kopling, injak perseneling yg depan, lepaskan tuas kopling dan gas perlahan.
3. saat mau ngerem tekan saja rem belakang , sesuaikan tekanannya.
4.saat berada dilampu merah, saat motor dalam kecepatan rendah (mau berhenti) tekan tuas kopling dan turunkan gigi ke gigi 1 tetapi kopling jangan dilepas. kalau lampu merahnya lama dinetralkan dengan cara tekan tuas kopling lalu injak persneling yg belakang setengah. jangan diinjak penuh, nanti malah masuk ke gigi 2.
5. cara membawa motor kopling jika ada tanjakan terjal, kopling nya lepas aja pake gigi rendah gigi 1 atau 2.
6.cara supaya motor tidak mati disaat macet atau berhenti lampu merah, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
7. cara memainkan gas dan kopling yg benar dan aman tanpa motor mati, tekan kopling setengah buka gas sedikit motor sudah jalan lepas kopling.
8. Cara cepat me netral kan gigi waktu di lampu lalu lintas, berhenti sambil menekan kopling terus injak gigi sampai mentok kalau sudah mentok congkel dikit (1/2) saja entar langsung netral.
9. Waktu belok dijalan koplingnya dikala motor sudah endut endutan nah kopling mesti di tekan sedikit.
10. Waktu tanjakan di perempatan jalan, kalau nanjak pakai gigi 1 dan 2 saja.
Fungsi kopling
Antara mesin sama roda itu dihubungkan oleh berbagai gear, nah fungsi kopling adalah memisahkan antara gear penghubung itu, tujuannya agar putaran gear dari mesin tidak diteruskan ke roda karena jika mesin berputar sedangkan roda tidak berputar maka mesin akan mati. juga untuk mengganti gigi karena ketika mengover gigi artinya mengganti gear penghubung antara mesin dan roda dengan gear lain yang beda ukuran. ketika mengover tanpa koopling maka mesin akan tersenta (motor loncat) dan kelebihan beban dan menyebabkan mesin mati.
masalah tersulit adalah ketika berhenti ditanjakan, karena laju motor yang melawan gravitasi bumi, maka beban akan meningkat jadi, perpaduan kopling sama gas harus seimbang.
sedikit tambahan mengenai transmisi, transmisi terbagi 4 yaitu :
a. transmisi Kopling manual
b. transmisi kopling otomatis
c. transmisi matic
d. transmisi semi-otomatis sedikit penjelasan transmisi
semi-otomatis = konsep transmisi ini contohnya seperti di motor 2 (tak) dulu ada varian Yamaha F1Z-R yang memakai sistem kopling manual dan semi-otomatis konsep persenelingnya itu seperti dimana selain bisa seperti bebek umumnya bisa juga pakai kopling manualnya.
<<<= Download File Format Docx =>>>
Tips and reviews of
Photos of Belajar Mempelajari Motor Kopling
How to do in Belajar Mempelajari Motor Kopling
The best place to Belajar Mempelajari Motor Kopling
Posted by: Roxuai
roxuai
Updated at :
13.02.00
Semoga tulisan ringan ini bermanfaat ya, mohon maaf jika ada kekurangan. Maklum masih belajar menulis hehehe. Kalau ada yang perlu ditambahin bisa kamu informasikan melalui komentar dibawah yaa... Oh ya kamu bisa membagikan artikel ini melalui tombol share dibawah juga ok, dan sekali jangan lupa untuk berkomentar yaaa :) Terima kasih sudah mengunjungi blog aku ^^ ~ Kiku
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan , komentar dengan Link Aktif, SARA, Promosi akan masukan ke SPAM , Yang ingin berbagi informasi seputar KPOP boleh banget. Yuk saling berbagi informasi.